Sabtu, 07 Februari 2009

Menikah 4 Tahun, tapi Belum Punya Momongan ? Part.IV

Kajian Persepektif Medis & Ideologis Seputar Fertilitas (Part. IV)

Kâtib[un] : Akh Irfan Rumi Ramadhan *

Tambahan : Ukhtii Utami Handayani, Fak. Kedokteran UNPAD, D4 Kebidanan

  • KONDISI PSIKOLOGIS SUAMI ISTRI

Secara psikologis dan hal ini sudah terbukti ; ketika jima’ pasangan suami istri harus menghindari stress, itu berpengaruh terhadap (punten) keharmonisan 'hubungan' dan kualitasnya. Sejauh yang penulis pahami, bagi suami hal itu bisa menurunkan (maaf) kekuatan gairah. Kurang baik pula bagi istri, terlebih lagi jika istri stress saat hamil, atau menyusui. Dan beberapa penelitian mengatakan bahwa pasutri perlu menikmati ‘hubungan’ mereka agar cepat memudahkan istri mendapatkan kehamilan.

TAFAKUR :

Depresi sosial yang terjadi di tengah-tengah krisis penghidupan saat ini, bisa disebabkan oleh faktor eksternal (meminjam istilah dalam QS. Thahaa : 124 ’ma’iisyatan dhank’ karena sekularisme ; fashlud-diin ’anil hayat (mengenyampingkan Islam dari pengaturan kehidupan) dan faktor internal, yakni pemahaman Islam orang yang bersangkutan. Kondisi pemahaman umat saat ini yang dikatakan syaikh Taqiyuddin, dha’if al-syadiid li al-fahm al-Islaam (kelemahan yang sangat besar terhadap pemahaman Islam), terbukti dengan meningkatnya orang yang mengalami depresi, karena menjauhi Islam. Maka dari itu obat yang paling mujarab untuk mengobati penyakit stress ialah pemahaman Islam ; yang lurus dalam memahami kehidupan.

Diagnosa penyakit mudah bingung secara praktis bisa diketahui dengan melihat tanda-tanda pada tangan (salah satu teknik diagnosa) ; kuku berwarna agak kemerah-merahan (pink). Makanan yang bisa membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi stress adalah telur, karena telur megandung Vitamin B5 dan B6. Jika hormon seimbang dan stres menghilang, dipastikan (maaf) ‘gairah’ akan semakin sehat. Pada jari tengah terdapat bulan sabit merah muda menandakan mudah gelisah, tidur tak nyenyak, banyak mimpi, sulit berpikir, dll.

Untuk mengatasi stress ini, bisa pilih pengobatan dengan terapi bekam dan terapi herba. Terapi bekam ; terutama pada ’alaa ra’sun (puncak kepala) untuk meningkatkan daya konsentrasi pikiran.

Secara medis, dalam buku Panduan Intibah (salah satu buku panduan dalam kajian Thibbun Nabawiy), dijelaskan bahwa masalah stress berhubungan dengan masalah jantung, paru-paru, dan kekurangan vitamin C. Obat-obatan herba untuk mengatasi kelainan ini diantaranya,

- Teh Rosella,

- Mengkudu,

- Madu Asli,

- Stoma K,-.

  • IDENTIFIKASI PENYAKIT & KELAINAN YANG BERKAITAN DENGAN INFERTILITAS

Penyakit2 seputar (punten) kelamin, seperti keputihan, lemah syahwat, impotensi (sudah jelas), bisa termasuk faktor penghambat memiliki buah hati (momongan), termasuk penyakit Diabetes (yaa.. siap2 saja dipoligami jika istri tidak bisa menunaikan kewajiban terhadap suaminya dengan sempurna ; ’memberikan keturunan’).

Kelainan lainnya misalnya, Inbalance Hormon (hormon tidak seimbang) ; kelainan ini dapat menyebabkan berkurangnya gairah seks (nb : tidak identik dengan impotensi) ; masalah di rahim atau peranakan. Masalah ini biasanya berlanjut pada masalah tiroid, ovary, kanker rahim, dll. Simpton dari kelainan ini adalah berkurangnya gairah seks, perasaan rendah diri, kemurungan yang mendalam bahkan depresi. Diagnosa kelainan ini bisa dengan melihat tanda-tanda pada tangan (salah satu teknik diagnosa yang diajarkan juga dalam kajian Thibbun Nabawiy saat ini) ;

1. Telapak tangan berwarna pucat merah, terdapat urat berwarna biru dan terlihat sangat mencolok,

2. Kulit telapak tangan kering,

3. Jika terdapat bulan sabit putih terbalik hanya di kuku ibu jari (menandakan hormon seimbang). Sebaliknya apabila bulan sabit itu ada pada semua kuku jari, atau ada di kuku-kuku lain selain ibu jari, maka menandakan kelainan ini,

4. Jari kelingking kempot menandakan berkurangnya kemampuan seks,

5. Ibu jari bengkok menandakan masalah kesuburan yang rendah.

Obat-obatan herba untuk mengatasi kelainan ini diantaranya,

- Paramaria Plus,

- Spirulina,

- Omega 3,

- Teh Herba,

- Fisalin B,

- Sirih Hutan,

- Mahkota Dewa,

- D-karm/ D-heat.

Adapun kelainan medis yang banyak diderita wanita ialah masalah rahim jatuh (prolapsus) ; keputihan ; senggugut ; fibroid ; endrometrosis, -. Kelainan ini jika berkepanjangan, bisa menyebabkan kanker rahim. Simpton dari kelainan wanita adalah keputihan, senggugut, stress dalam jangka waktu lama, cepat lelah. Ada beberapa kondisi wanita yang mudah terserang penyakit kanker

1. Mulai haid pada usia di bawah 10 tahun,

2. Berhenti haid pada usia di atas 50 tahun,

3. Tidak melahirkan anak,

4. Melahirkan anak pada usia 35 tahun terutama anak sulung,

5. Tidak menyusui anak,

6. Pernah menderita ketmbuhan jinak (bisol/sis/tumor),

7. Memiliki garis keturunan yang terserang kanker,

8. Pengguna pil kesuburan (hormon) ataupun KB.

Dan diagnosa kelainan ini bisa dengan melihat tanda-tanda pada tangan (salah satu teknik diagnosa) ;

- Jari kelingking meruncing menandakan masalah rahim/peranakan,

- Jari kelingking bengkok bagian atasnya saja menandakan rahim jatuh (prolapsus) ; jika berlanjut akan mengarah pada permasalahan sis/tumor.

Obat-obatan herba untuk mengatasi kelainan ini diantaranya,

- Paramaria Plus,

- Spirulina,

- Herba Tujuh Angin,

- Radix,

- Omega 3,

- Teh Herba,

- Teh Rosella,

- Herba Senggugut dan Herba Keputihan

INFORMASI TAMBAHAN :

Sebuah riset mengatakan, mengendarai motor berisiko impoten dan menurunkan libido. Hasil penelitian tersebut merupakan gabungan dari riset di tiga negara : Itali, Amerika, dan Austria. Pengendara motor yang menghabiskan waktu cukup lama di atas motor berisiko impoten dan menurunkan libido. Dan untuk mengantisipasi hal ini, terutama untuk para ikhwan, perlu lebih berhati-hati dalam memilih sadel atau tempat duduk motor (NYTimes, Kamis (6/10/2005)). Informasi lain, peneliti di New York University membuktikan penggunaan laptop dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Penggunaan laptop yang cukup lama menyebabkan suhu testis meningkat sehingga menyebabkan kurang baiknya kualitas sperma (Islam mengingatkan kita : jangan israaf (berlebih-lebihan) ; dalam hal ini sesuaikan waktu kita antara berhadapan dengan laptop dan aktivitas2 lain yang lebih penting atau tidak kalah penting). Hmm… ternyata ada ilmunya (mohon maaf tidak penulis paparkan dalam artikel singkat ini).

1 komentar: