Selasa, 24 Maret 2009

Tahu Kajian Sebagian Masa'il Diniyyah ???

  1. Masalah pertama, bolehkah berobat dengan menelan "undur-undur"? untuk mengkaji masalah ini diperlukan pembahasan dua hal. Pertama, hukum makan "undur-undur" secara syar'I bagaimana? Kedua, kalau ternyata hukum makan "undur-undur" boleh maka berobat dengan "undur-undur" tidak ada masalah. Tapi jika ternyata diharamkan maka pembahasan yang berikutnya adalah bolehkah berobat dengan sesuatu yang diharamkan?

    1. Pembahasan point yang pertama. Secara umum Allah Ta'ala menjelaskan dalam Al-qur'an tentang apa yang dihalalkan dan apa yang diharamkan.

....وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبَاتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبَائِثَ....(الاعراف:157)

Selanjutnya pada ayat-ayat yang lain Allah Ta'ala menjelaskan secara rinci apa-apa yang diharamkan, misalnya tentang haramnya bangkai, darah dan daging babi1. Selain dalam Al-qur'an juga dijelaskan dalam sunnah rasul saw. Misalnya tentang kebolehan makan daging Biawak2 dll.

    1. Kembali pada "undur-undur", Apakah termasuk yang dihalalkan untuk dimakan? Sepanjang yang kita ketahui tidak ada nash yang secara spesifik menyebut "undur-undur". "Undur-undur" dalam bahasa arab termasuk kategori " hasyarat" (serangga). Terkait dengan kasus yang semacam ini mari kita perhatikan ibarah yang diungkapkan para ulama' berikut ini:

      1. Dalam kitab Al-um juz II hal 264 Imam Al-muthalibi Asy-syafi'i ra berkata:

(قال الشافعي) رحمه الله تعالى أصل ما يحل أكله من البهائم والدواب والطير شيئان، ثم يتفرقان فيكون منها شئ محرم نصا في سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم وشئ محرم في جملة كتاب الله عز وجل خارج من الطيبات ومن بهيمة الانعام فإن الله عزوجل يقول " أحلت لكم بهيمة الانعام " ويقول " أحل لكم الطيبات " فإن ذهب ذاهب إلى أن الله عزوجل يقول " قل لا أجد فيما أوحى إلى محرما على طاعم يطعمه " فأهل التفسير أو من سمعت منه منهم يقول في قول الله عزوجل " قل لا أجد فيما أوحى إلى محرما " يعنى مما كنتم تأكلون فإن العرب كانت تحرم أشياء على أنها من الخبائث وتحل أشياء على أنها من الطيبات فأحلت لهم الطيبات عندهم إلا ما استثنى منها وحرمت عليهم الخبائث عندهم قال الله عزوجل " ويحرم عليهم الخبائث "

      1. Dalam kitab Mukhtashar Al-muzanni juz I hal 285 dijelaskan:

...فانظر ما ليس فيه نص تحريم ولا تحليل فإن كانت العرب تأكله فهو داخل في جملة الحلال والطيبات عندهم لانهم كانوا يحللون ما يستطيبون وما لم يكونوا يأكلونه باستقذاره فهو داخل في معنى الخبائث

      1. Dalam kitab Qawaidul Fiqhi, hal 273, Al-allamah Muhammad 'Amim Al-ihsan Al-burkuti menjelaskan pengertian Al-khabaits:

...الخبائث ما كانت العرب تستقذره ولا تأكله مثل الأفاعي و العقارب والأبرص والخنافس والفأر وغيرها مفرده الخبيث وهو النجس والرديء المستكره قال الراغب ويحرم عليهم الخبائث أي ما لا يوافق النفس من المحظورات...

      1. Dalam kitab Fathul Bari juz IX hal 518, Imam Al-hafidz Ibn Hajar Al-asqalani menjelaskan dengan mengutip penjelasan Imam Asy-syafi'I ra:

...وقد جعلها الشافعي أصلا في تحريم ما تستخبثه العرب مما لم يرد فيه نص بشرط سيأتي بيانه....

      1. Dalam kitab Iqna' Juz II hal 582 dijelaskan:

وكل حيوان لا نص فيه من كتاب أو سنة أو إجماع لا خاص ولا عام بتحريم ولا تحليل ولا ورد فيه أمر بقتله ولا بعدمه استطابته العرب وهم أهل يسار أي ثروة وخصب وأهل طباع سليمة سواء كانوا سكان بلاد أو قرى في حال رفاهية فهو حلال إلا ما أي حيوان ورد الشرع بتحريمه كما سيأتي فلا يرجع فيه لاستطابتهم وكل حيوان استخبثته العرب أي عدوه خبيثا فهو حرام إلا ما أي حيوان ورد الشرع بإباحته كما سيأتي فلا يكون حراما لأن الله تعالى أناط الحل بالطيب والتحريم بالخبيث...

      1. Dalam kitab Al-majmu' syarhul Muhadz-dzab juz IX hal 25 dijelaskan:

قال المصنف رحمه الله (وما سوى ذلك من الدواب والطيور ينظر فيه فان كان مما يستطيبه العرب حل أكله وان كان مما لا يستطيبه العرب لم يحل أكله لقوله عزوجل (ويحل لهم الطيبات ويحرم عليهم الخبائث) ويرجع في ذلك إلى العرب من أهل الريف والقرى وذوى اليسار والغني دون الاجلاف من أهل البادية والفقراء وأهل الضرورة فان استطاب قوم شيئا واستخبثه قوم رجع إلى ما عليه الاكثر فان اتفق في بلاد العجم ما لا يعرفه العرب نظر إلى ما يشبهه فان كان حلالا حل وإن كان حراما حرم وإن لم يكن له شبيه فيما يحل ولا فيما يحرم ففيه وجهان....

      1. Dalam tafsir Fathul Qadir, juz II hal 42 Imam Al-hafidz Asy-syaukani menjelaskan:

وفي الخبائث ثلاثة أقوال . أحدها : أنها الحرام ، والمعنى : ويحرِّم عليهم الحرام . والثاني : أنها ما كانت العرب تستخبثه ولا تأكله ، كالحيات ، والحشرات . والثالث : ما كانوا يستحلُّونه من الميتة ، والدم ، ولحم الخنزير .

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa "undur-undur" dapat dikategorikan sebagai serangga atau dalam bahasa arab disebut dengan "hasyarat" yang termasuk al-khabaits. Dan hukum mengkonsumsi "undur-undur" adalah haram.

    1. dengan kesimpulan bahwa hukum mengkonsumsi "undur-undur" adalah haram, lalu bagaimana hukum berobat dengan "undur-undur" yang diharamkan dikunsumsi? Imam Al-hafidz Muhyiddin An-nawawi menjelaskan dalam kitab Al-majmu' Syarhul Muhadz-dzab juz II hal 549 sebagai berikut:

واحتج لمن قال بالطهارة بحديث انس رضي الله عنه قال (قدم ناس من عكل أو عرينة فاجتووا المدينة فأمرهم النبي صلى الله عليه وسلم ان يشربوا من ابوال إبل الصدقة والبانها) رواه البخاري ومسلم وعكل وعرينة بضم العين فيهما وهما قبيلتان وقوله اجتووا بالجيم أي استوخموا واحتج لهم بحديث يروى عن البراء موفوعا (ما اكل لحمه فلا بأس ببوله) وعن جابر مرفوعا مثله واحتج اصحابنا بقول الله تعالي (ويحرم عليهم الخبائث) والعرب تستخبث هذا وباطلاق الاحاديث السابقة وبالقياس علي ما يؤكل وعلى دم المأكول والجواب عن حديث انس انه كان للتداوي وهو جائز بجميع النجاسات سوى الخمر كما سنقرره بدلائله في كتاب الاطعمة ان شاء الله تعالى...

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berobat dengan "undur-undur" yang diharamkan dikonsumsi karena termasuk hasyarat yang terkategorikan al-khabaits adalah boleh.

Meski begitu, yang perlu diperhatikan adalah sejauhmana efektifitas berobat dengan "undur-undur". Sejauh ini memang belum ada penelitian atau data-data ilmiah yang membuktikan bahwa "undur-undur" adalah efektif sebagai obat. Karenanya bisa jadi 'tradisi' pengobatan dengan "undur-undur" tersebut hanya sugesti dan secara medis sama sekali tidak ada kasiatnya atau bahkan akan menimbulkan madzarat.

Khulashatul qaul, alangkah baiknya kalau kita berobat dengan cara-cara yang lebih rasional dan yang secara empirik sudah terbukti efektif. Bukankah dalam hadits yang dikeluarkan oleh Imam At-tirmidzi Rasulullah SAW bersabda:

مِنْ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لَا يَعْنِيهِ

Al-allamah Al-mubarakfuri dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi juz VI hal 102 menjelaskan pengertian hadits diatas dengan mengutip penjelasan Imam Al-mala Al-qari rahimahullah sebagai berikut:

وَحَقِيقَةُ مَا لَا يَعْنِيهِ مَا لَا يَحْتَاجُ إِلَيْهِ فِي ضَرُورَةِ دِينِهِ وَدُنْيَاهُ ، وَلَا يَنْفَعُهُ فِي مَرْضَاةِ مَوْلَاهُ بِأَنْ يَكُونَ عَيْشُهُ بِدُونِهِ مُمْكِنً...

Wallahu a'lam

  1. Masalah kedua. Bolehkah pemilik jasa penyelepan padi mengambil katul dan sekam tanpa izin terlebih dahulu dari pemilik padi?

Jawab: jasa penyelepan padi termasuk kategori ijarah.

Tentang kebolehan ijarah ini, Syeikh Muhammad Khatib Asy-syarbini menjelaskan3:

والأصل فيها قبل الإجماع قوله تعالى فإن أرضعن لكم فآتوهن أجورهن وجه الدلالة أن الإرضاع بلا عقد تبرع لا يوجب أجرة وإنما يوجبها ظاهر العقد فتعين. وخبر الصحيحين أنه صلى الله عليه وسلم احتجم وأعطى الحجام أجرته وخبر البخاري أنه صلى الله عليه وسلم والصديق رضي الله عنه استأجرا رجلا من بني الديل يقال له عبدالله بن الأريقط. وخبر مسلم أنه صلى الله عليه وسلم نهى عن المزارعة وأمر بالمؤاجرة وخبر ابن ماجة والبيهقي أنه صلى الله عليه وسلم قال أعطوا الأجير أجرته قبل أن يجف عرقه. وروي أن عليا أجر نفسه من زفر فاستقى له كل دلو بتمرة حتى بلغ بضعا وأربعين دلوا....

Penyedia jasa penyelepan sebagai ajir dengan ujrah (ongkos atau kompensasi) yang telah disepakati sebelumnya.

Imam Al-hafidz Muhyiddin bin syaraf An-nawawi dalam kitab Radudhatuth thalibin wa Umdatul Muftin Juz II hal 206 mendifinisikan ijarah sebagai:

...فان الإجارة تمليك منفعة بعوض...

sesungguhnya ijarah itu adalah pemilikan manfaat dengan ganti (biaya)

Imam Al-hafidz Zakaria Al-anshari mendevinisikan ijarah sebagai berikut:4

....وَشَرْعًا عَقْدٌ عَلَى مَنْفَعَةٍ مَقْصُودَةٍ مَعْلُومَةٍ قَابِلَةٍ لِلْبَذْرِ وَالْإِبَاحَةِ بِعِوَضٍ مَعْلُومٍ فَخَرَجَ بِمَنْفَعَةٍ الْعَيْنُ وَبِمَقْصُودَةٍ التَّافِهَةُ....

Dalam devinisi ini Syeikhul Islam Zakaria Al-anshari menonjolkan bi 'iwadhin ma'lumin (dengan ongkos atau kompensasi yang diketahui). Sedangkankan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj fii Syarhil Minhaj juz XXIV hal 251, ijarah didevinisikan sebagai:

هِيَ لُغَةٌ اسْمٌ لِلْأُجْرَةِ ثُمَّ اُشْتُهِرَتْ فِي الْعَقْدِ وَشَرْعًا تَمْلِيكُ مَنْفَعَةٍ بِعِوَضٍ بِالشُّرُوطِ الْآتِيَةِ مِنْهَا عِلْمُ عِوَضِهَا وَقَبُولِهَا لِلْبَذْلِ وَالْإِبَاحَةِ

Pada devinisi ini juga ditekankan bahwa kompensasi atau ongkos itu hendaknya ma'lum (diketahui).

Dalam kitab syarhul Bahjatil Wardiyyah juz XII hal 47, ijarah didevinisikan:

وَهِيَ لُغَةً : اسْمٌ لِلْأُجْرَةِ وَشَرْعًا : عَقْدٌ عَلَى مَنْفَعَةٍ مَقْصُودَةٍ مَعْلُومَةٍ قَابِلَةٍ لِلْبَذْلِ ، وَالْإِبَاحَةِ بِعِوَضٍ مَعْلُومٍ فَخَرَجَ بِمَنْفَعَةٍ الْعَيْنُ وَبِمَقْصُودَةٍ التَّافِهَةُ وَسَيَأْتِي بَيَانُهُمَا وَبِمَعْلُومَةٍ الْقِرَاضُ ، وَالْجِعَالَةُ عَلَى عَمَلٍ مَجْهُولٍ وَبِقَابِلَةٍ لِمَا ذَكَرَ مَنْفَعَةُ الْبُضْعِ ، وَبِعِوَضٍ مَعْلُومٍ هِبَةُ الْمَنَافِعِ ، وَالْوَصِيَّةُ بِهَا ، وَالْإِعَارَةُ ، وَالْمُسَاقَاةُ نَعَمْ يَرِدُ عَلَيْهِ بَيْعُ حَقِّ الْمَمَرِّ وَنَحْوُهُ ، وَالْجِعَالَةُ عَلَى عَمَلٍ مَعْلُومٍ .

Dalam kitab Nihayatuz Zain juz I hal 257, Syeikh Imam Nawawi Al-bantani Al-jawi mendevinisikan ijarah dan ketentuan sahnya ijarah dengan:

وهي عقد على منفعة مقصودة معلومة قابلة للبذل والإباحة بعوض معلوم تصح إجارة إذا وجدت أركانها وهي أربعة

Adapun rukun ijarah Imam Al-hafidz Muhyiddin bin syaraf An-nawawi menjelaskan, bahwa rukun ijarah ada empat5:

  1. dua fihak yang melakukan akad, syaratnya adalah baligh dan berakal

  2. sighat akad

  3. ujrah

  4. manfaat

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Syeikhul Islam Zakaria Al-anshari6:

( وَفِيهِ ثَلَاثَةُ أَبْوَابٍ : الْأَوَّلُ فِي أَرْكَانِهَا وَهِيَ أَرْبَعَةٌ ) عَاقِدَانِ وَصِيغَةٌ وَأُجْرَةٌ وَمَنْفَعَةٌ....

Selanjutnya Syeikhul Islam Al-hafidz Zakaria Al-anshari menjelaskan tentang sighat ijab-qabul sebagai berikut:

( وَالثَّانِي ) ( الصِّيغَةُ ) مِنْ إيجَابٍ وَقَبُولٍ كَمَا فِي الْبَيْعِ ( كَأَجَّرْتُكَ أَوْ أَكْرَيْتُكَ هَذِهِ الدَّارَ كَذَا ) أَيْ شَهْرًا مَثَلًا ( بِكَذَا ) أَيْ بِمِائَةِ دِرْهَمٍ مَثَلًا ( وَكَذَا مَنْفَعَةُ ) هَذِهِ ( الدَّارِ فَيَقُولُ - مُتَّصِلًا - : قَبِلْت أَوْ اكْتَرَيْتُ ) أَوْ اسْتَأْجَرْتُ وَإِنَّمَا جُوِّزَتْ الْإِجَارَةُ مَعَ الْإِضَافَةِ إلَى الْمَنْفَعَةِ لِأَنَّهَا مَمْلُوكَةٌ بِهَا فَذِكْرُهَا فِيهَا تَأْكِيدٌ كَمَا فِي بِعْتُك رَقَبَةَ هَذَا أَوْ عَيْنَهُ ( وَكَذَا مَلَّكْتُك مَنْفَعَتَهَا شَهْرًا ) بِكَذَا لِأَنَّ الْإِجَارَةَ تَمْلِيكُ مَنْفَعَةٍ بِعِوَضٍ ( لَا بِعْتُك ) مَنْفَعَتَهَا شَهْرًا بِكَذَا لِأَنَّ لَفْظَ الْبَيْعِ وُضِعَ لِتَمْلِيكِ الْعَيْنِ فَلَا يُسْتَعْمَلُ فِي الْمَنْفَعَةِ كَمَا لَا يُسْتَعْمَلُ لَفْظُ الْإِجَارَةِ فِي الْبَيْعِ لَكِنْ يَنْبَغِي أَنْ يَكُونَ كِنَايَةً بَلْ قَالَ الْإِسْنَوِيُّ يَنْبَغِي أَنْ يَكُونَ صَرِيحًا لِأَنَّ الْإِجَارَةَ صِنْفٌ مِنْ الْبَيْعِ وَصَحَّحَهُ الْأَذْرَعِيُّ وَغَيْرُه....(اسنى المطالب, الجزء 12صحيفة 75)

Dalam Hasiyyah Al-bajayrimi alal Minhaj juz X hal 160 tentang syarat ujrah dijelaskan:

( وَ ) شُرِطَ ( فِي الْأُجْرَةِ مَا ) مَرَّ ( فِي الثَّمَنِ ) فَيُشْتَرَطُ كَوْنُهَا مَعْلُومَةً جِنْسًا وَقَدْرًا وَصِفَةً إلَّا أَنْ تَكُونَ مُعَيَّنَةً ، فَتَكْفِي رُؤْيَتُهَا ( فَلَا تَصِحُّ ) إجَارَةُ دَارٍ أَوْ دَابَّةٍ ( بِعِمَارَةٍ وَعَلَفٍ ) بِسُكُونِ اللَّامِ وَفَتْحِهَا ، وَهُوَ بِالْفَتْحِ مَا يُعْلَفُ بِهِ لِلْجَهْلِ فِي ذَلِكَ ...

Dengan memperhatikan ibarah yang dikemukakan para ulama' diatas baik tentang devinisi maupun rukun ijarah dapat disimpulkan bahwa pengambilan katul dan sekam tanpa izin pemilik padi hukumnya haram. Mengapa? Karena ketika berlangsung proses akad antara dua fihak, pengguna jasa dan yang menjual jasa ujrah-nya sudah ma'lum (diketahui dengan pasti) dan ujrah (upah) tersebut tentu katul dan kulit padi tidak termasuk di dalamnya.

Alhasil, jika katul dan sekam diambil oleh penyedia jasa penyelepan padi maka ketika akad ijarah harus dimasukkan sebagai bagian dari ujrah dan disepakati oleh kedua fihak atau fihak pengguna jasa dengan sukarela memberikan katul dan sekam pada penyedia jasa penyelepan padi. wallahu a'lam. (Lajnah Al-Khaashah Li Kasbul 'Ulama wal Masyayikh DPD HTI Kota Bandung)

1 Lihat firman Allah SWT dalam surah Al-maidah ayat 3

2 Hadits dikeluarkan oleh Imam Al-bukhari dari Khalid Ibnul Walid, Saifullah, ra. Lihat Shahih Al-bukhari juz V hal 2060, hadits nomor 5076

3 Lihat Asy-syeikh Muhammah Khatib ASy-syarbini, Mughnil Mukhtaj Juz II hal 332

4 Lihat Imam Al-hafidz Zakaria Al-anshari, Asnal Mathalib juz XII hal 73

5 Lihat Imam Al-hafidz Muhyiddin bin Syaraf An-nawawi, Raudhatuth Thalibin wa umdatul muftin juz II hal 206-207

6 Lihat Syeikhul Islam Al-hafidz Zakaria Al-anshri, Asnal Mathalib juz XII hal 73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar